KULINER

                                                                    KULINER CIREBON

Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah nasi yang diberikan alas daun jati. Untuk lauknya, tersedia berbagai macam masakan, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel, dan lainnya. Nasi Jamblang ini terkenal dengan aromanya yang wangi.

 

 

Empal Gentong

Empal Gentong merupakan salah satu kuliner asal Cirebon yang banyak diburu orang, baik dari dalam maupun luar Cirebon.

Kuliner ini yang mirip dengan gulai tersebut merupakan salah satu makanan khas yang melegenda. Potongan daging sapi yang empuk menyatu dengan kuah empal yang tetap hangat di dalam sebuah gentong tua.

Dibalur kucai dan daun bawang menambah selera makan. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke Cirebon memadati sejumlah tempat makan tradisional Cirebon ini.

 

 

Nasi Lengko

Menurut sejarahnya nasi lengko merupakan makanan untuk rakyat biasa. Berasal dari kata “langka” yang berarti jarang. Dalam Bahasa Cirebon berarti tidak ada. Maksudnya, lauk-pauk yang digunakan tidak banyak. Dulu masyarakat Cirebon membuat makanan ini saat kondisi keuangan mengalami kekurangan.

Menu ini sungguh sederhana. Isinya hanya nasi putih dengan potongan tempe dan tahu goreng di atasnya. Ditambah dengan taoge rebus sebagai sayurnya dan cacahan mentimun.

Semua itu kemudian disiram dengan bumbu kacang yang dipadukan dengan kecap manis. Sebagai pelengkapnya, ditaburi daun kucai seperti halnya empal gentong. Untuk menambah selera makan, biasanya disantap dengan kerupuk aci putih.